Jam

Senin, 27 Desember 2010

sebuah pilihan


Ini adalah sebuah kisah dari Dinasti Ming. Ada 2 bersaudara, yang wataknya sangat berbeda satu sama lain meskipun orangtua mereka sama. Sang kakak serakah, malas dan kurang perhatian. Adiknya rajin, sopan dan teliti. Suatu hari mereka hendak pergi berdagang naik gerobak kuda. Hujan turun sangat deras dan jalan menjadi licin. Kakaknya kehilangan kendali kemudi dan mereka jatuh ke jurang. Mereka masuk ke dunia akhirat. Penjaganya, yang sedang menunggu di luar pintu, membawa mereka kepada Raja Neraka.

Raja Neraka berkata kepada mereka, “Kalian tidak pernah melakukan hal kriminal di dunia, namun juga belum cukup untuk masuk surga, kalian akan bereinkarnasi lagi jadi manusia. Hakim! Pilihkan keluarga mana yang sedang mengharapkan anak!”


Hakim akhirat berkata, “Ada dua keluarga, Zhao dan Xie. Anak dari keluarga Zhao ditakdirkan untuk membantu orang lain, sedangkan anak dari keluarga Xie ditakdirkan untuk menerima bantuan dari orang lain.”


Sang kakak berpikir, “Jika saya menjadi anak keluarga Zhao, saya pasti akan bekerja keras demi membantu orang lain. Saya akan sangat lelah dan sibuk mengurusi orang lain. Akan lebih enak buat saya untuk menjadi orang yang menerima bantuan saja, lebih santai tanpa kerja keras. Lalu ia berlutut dan memohon kepada raja neraka, “Raja, Sulit bagi saya untuk bekerja demi orang lain. Saya memohon kepada Anda untuk mengatur saya lahir di keluarga Xie saja, jadi saya akan menerima bantuan orang lain.”


Raja Neraka berkata, “Lalu siapa yang mau lahir di keluarga Zhao?” Sang adik berkata, “Raja, saya bersedia lahir di keluarga Zhao dan membantu orang lain.”


Kemudian mereka reinkarnasi menjadi bayi dan terlahir di keluarga Zhao dan Xie. Karena ditakdirkan untuk membantu orang lain, sang adik terlahir di keluarga Zhao yang kaya, mulia dan terdidik untuk menjadi orang baik. Saat ia tumbuh besar, ia penuh belas kasih dan selalu membantu orang lain. Karena kekayaannya, dia mampu menolong banyak orang.


Sedangkan sang kakak, karena memilih ditakdirkan untuk menerima bantuan orang lain, terlahir di keluarga Xie yang miskin, hanya bisa mengemis untuk makan dan menerima bantuan orang lain.


Seperti pepatah mengatakan, “Memberi adalah lebih kaya daripada menerima.” Saat orang memiliki hati yang baik, surga akan membantunya.

www.unic77.tk

0 komentar:

Posting Komentar